Contoh Berita Hoax dan Tidak !!!

Contoh berita Hoax :

1. Memasak Telur Menggunakan Ponsel


Bagi kamu yang sering mondar-mandir ke facebook, pasti sudah tidak asing dengan berita memasak popcorn atau telur dengan ponsel. Berita ini sangat cepat tersebar di dunia maya melalui jejaring sosial. Dan mungkin kamu adalah salah satu orang yang pernah membaca atau bahkan mencoba mempraktekannya. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata berita tersebut adalah hoax? Menurut informasi yang dilansir dari Vemale.com, tidak pernah ada radiasi ponsel mampu membuat telur jadi matang.


Contoh berita yang Benar :

2. Contoh Berita Tentang Banjir Sesuai Kaidah 5W+1H

Tanggul waduk Mrican yang jebol menyebabkan 30 desa di Kabupaten Banjarnegara terkena Banjir. Belum diketahui dengan pasti apakah ada korba atau tidak, namun hal yang terjadi pada Senin (09/06) ini membuat banyak rumah yang hancur. Hal ini terjadi karena waduk tidak bisa menahan debit air yang terlalu deras.

Cara pelaporan Berita Hoax Di Sosial   media: 
Pengguna bisa melakukan screen capture disertai url link, kemudian mengirimkan data ke aduankonten@mail.kominfo.go.id. Kiriman aduan segera diproses setelah melalui verifikasi.

Kerahasiaan pelapor dijamin dan aduan konten dapat dilihat di laman web trustpositif.kominfo.go.id.

Laporan database Trust+Positif sampai dengan 2016 mencatat konten negatif yang diblokir sebesar 773.339. Masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan konten yang tergolong konten negatif antara lain, pornografi, SARA, penipuan atau perdagangan ilegal, narkoba, perjudian dan radikalisme.

Selain itu, informasi yang diungkap akun Twitter Indonesia Baik ‏@GPRindonesia juga menyebut konten yang termasuk konten negatif seperti kekerasan, kekerasan anak, malware dan phising serta pelanggaran kekayaan intelektual.


PESAN :

  1. Bacalah isi berita terlebih dahulu.
  2. Jangan mudah percaya dengan berita yang tersebar dengan cepat.
  3. Pastikan terlebih dahulu kebenaran berita tersebu.
 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment