5 Software Editing Foto Terbaik

1.  Photoshop

 

Kalau kamu sudah terbiasa edit foto lewat PC maka Photoshop adalah pilihan yang terbaik untuk itu. Ini karena fitur dan fungsi tombol di dalamnya disediakan khusus untuk para profesional yang sudah mahir. Jadi di sini kita tidak langsung klik dan lihat hasilnya seketika, tapi ada langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menghasilkan tampilan gambar yang keren dan menarik serta artistik. Jika ingin memiliki ini secara legal maka tentu harus membelinya karena ini adalah aplikasi berbayar, apakah itu lewat online di internet atau pun ke penjual CD software yang disertai pajak sebagai tanda bahwa ia bukan ‘bajaqan’ (sori disamarkan). Tapi kalau baru mau coba-coba maka bisalah mengunduh dulu trial-nya.

Beberapa kelebihan yang menjadikan phtoshop sebagai aplikasi edit foto terbaik di seluruh dunia adalah:
  • Paling cocok untuk mengedit foto wajah karena ada banyak sekali teknik pengeditan di dalamnya, mulai dari memutihkan, menghilangkan jerawat dan flek hitam, memudarkan keriput di muka, memberi eyeshadow dan lipstick, dan lain sebagainya yang ibaratnya kalau mau berphoto maka dandannya setelah foto aja, tidak usah sebelumnya karena fitur Photoshop sudah dipersenjatai untuk keperluan tersebut.
  • Selain mengedit foto, software PC ini juga bisa untuk membuat dan mengolah gambar menjadi lebih bagus.
  • Cocok sekali untuk kebutuhan membuat berbagai bentuk tulisan dengan efek tertentu, misalnya tulisan yang seperti kulit jeruk yang terkelupas dan lainnya.
  • Menciptakan tekstur unik seperti daun, percikan air, dan model lainnya yang lebih inovatif sesuai dengan keinginan designer.
  • Melakukan pengeditan gambar maupun foto untuk tujuan penggunaan di website atau blog, seperti melakukan slice agar terjadi ptotongan-potongan gambar kecil yang tujuannya agar mudah dibuka walau dengan jaringan internet yagn lemot, membuat gambar animasi gif, kompresi foto agar lebih kecil ukurannya dan lain sebagainya.

2.  Adobe Lightroom

 

Kalau kamu ketemu software atau aplikasi apa saja buatan Adobe maka pasti umumnya bagus dan enak digunakan. Nah, termasuk dengan Adobe Lightroom ini. Sedikit saya mau infokan juga kenapa ini masuk dalam daftar aplikasi edit foto terbaik di Caraspot. Jadi begini, memang sebelumnya sudah sering dengar namanya tapi belakangan baru ‘ngeh ketika teman kerja saya yang jago banget desain dan layout memberitahukan bahwa Lightroom ini katanya jauh lebih bagus dari Photoshop dan lebih canggih, dan katanya juga, kualitas gambarnya bahkan jauh mengalahkan pendahulunya tersebut.. Beliau (cieh….sopan bingit) menambahkan bahwa salah satu yang ia senangi adalah ketika ingin mengganti background suatu foto atau gambar tak perlu melakukan cut dan sebagainya untuk menyeleksi gambar tapi hanya dengan menggunakan fitur sekali klik latar fotonya bisa langsung berubah. Canggih banget kan?
Di blog lain juga ada yang menyebutkan soal kelebihannya tersebut, di antaranya ketika mengganti latar belakang jadi hitam putih bisa langsung dilakukan tanpa repot harus seleksi bagian segala. Soal mengatur kualitas tampilan photo juga tidak diragukan lagi, misalnya mau mengatur kelembutan atau soft warnanya agar lebih enak dilihat, menata contrast-nya jadi lebih tajam atau pudar dan banyak lagi. Dan buat kamu yang tidak punya space cukup maka bisa menggunakan versi portable, yaitu versi yang tidak butuh penginstalan di komputer, melainkah langsung digunakan via flashdisk dan penyimpanan file eksternal lainnya.

3.  Corel PaintShop Pro X6

 

Ini bisa dibilang rival paling berat dari Adobe Photoshop jika dilihat dari fitur dan hasil editingnya. Secara umum Corel melengkapi perangkat lunak pengedit foto ini dengan 3 menu utama, yaitu adjust atau menyesuaikan, manage dan juga editing yang mana inilah yang paling banyak dimanfaatkan pemakainya.
  1. Friendly user interface – Maksudnya, tampilan pengelolaan fotonya dibuat sebaik mungkin agar mudah dioperasikan, baik untuk pengguna pemula maupun profesional.
  2. Komlit fitur standarnya – Semua yang dibutuhkan untuk pengeditan standa sudah dimasukkan di dalamnya, misal noise reduction, smart sellection brush, balancing color, crop, remover object atau menghilangkan objek dalam gambar, red eye removal, tool teks untuk menambahkan tulisan di atas foto dan sebagainya.
  3. Auto selection – Digunakan untuk memilah bagian tertentu dalam gambar, tentunya ini akan sangat sulit dilakukan bila perbedaan warnanya sangat tipis, nah dengan Corel PaintShop ini kamu cukup buat kotak panjang di atas bagian yang ingin dipilih dan secara otomatis alat akan bekerja mendeteksi dengan tepat bagian tepinya.
  4. Smart selection brush – Jika seandainya terjadi kesalahan saat merapikan tepi dari potongan foto maka tak perlu mengulang dari awal lagi.
  5. Script built-in – Ini adalah fitur yang dapat merekam cara kerja kita mengedit foto sebelumnya yang kemudian bisa diaplikasi lagi pada kerja selanjutnya dengan hanya sekali klik. Tentu saja dengan melakukan ini maka kita bisa menghemat banyak waktu.
  6. Sharing – Setelah proses edit foto di PC selesai maka kita bisa langsung mengupload dan membaginya ke teman-teman kita secara online di jejaring sosial khusu untuk berbagi gambar seperti Instagram, Flickr dan lainnya. Selain itu, disediakan juga sistem aplikasi yang bisa mendeteksi wajah untuk mencari orang yang kita kenali dengan cepat.

4.  ACDSee Photo Editor

 

Kurang tahu kenapa jarang yang merekomendasikan ini di blog, padahal kalau dari segi kualitas sudah bisa dibilang baik sekali. ACDSee Photo Editor banyak digunakan untuk keperluan memperbaiki kualitas Photo agar menjadi tampak lebih mirip hasil jepretan fotografer profesional. Dan yang bikin blogger senang dengannya adalah karena disediakan fitur untuk menyimpan secara online sehingga setelah setting berhasil dilakukan tinggal upload dan baru diambil ketika dibutuhkan, mislanya mau posting atau update status Facebook dan lainnya. Tapi sayang seribu sayang karena aplikasi edit foto PC ini dijual dengan harga 59 dollar lebih. Tapi siapa tau ada yang mau ngasi cuma-cuma mungkin bisa dicoba di cari di Google.

5.  GIMP

 

Aplikasi GIMP pertama kali dibuat untuk ditujukan pada pengguna komputer Linux, tapi belakagnan ini juga bisa diterapkan pada Windows. Sebenarnya namanya di ambil diri singkatan “GNU Image Manipulation Program” atau App untuk manipulasi gambar. Yang membedakan ini dengan Photoshop adalah karena aplikasi edit foto ini disediakan gratis dan bisa didownload sesukamu tanpa dikenakan biaya sama sekali. Dari pada harus menghabiskan uang hingga Rp. 7 juta untuk satu penggunaan, lebih baik memilih ini, toh hasil penyuntingan gambarnya juga masih bisa diandalkan. Yang bikin orang banyak tertarik adalah karena fitur dan settingannya dibuat mirip dengan Photoshop, jadi kita lebih familiar dengan tampilannya.
Secara sekilas GIMP hampir tidak jauh beda dengan bosnya, yakni Photoshop, tapi karena perangkat ini sifatnya open source yang mana dibuat dan didevelop oleh banyak programmer secara gotong-royong, jadinya tampak tidak terlalu rapi. Tapi yang dipenting dalam mengedit foto adalah hasilnya, jadi saya kira hal tersebut tidak terlalu menjadi persoalan. Dan dii antara fitur yang bisa terlihat di sisi kiri layarnya dan bisa anda pakai seperti, Channels, Layer, Brushs, Colors, Gradient, Font, Buffers, Palettes dan masih banyak lagi yang kamu temukan dalam Photoshop juga ada di sana.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment